Sejuta Maanfaat Internet sebagai Digital Bisnis Enthusiast
Internet dari tahun ke tahun terus berkembang. Perkembangan ini juga diikuti kebutuhan dalam negeri, tahun 2010 lalu internet sangat jarang dibutuhkan. Kita masih bisa bertanya kepada kawan-kawan kita, sebulan berapa kali pakai internet? sebab pada saat itu masi banyak yang menggunakan internet seminggu sekali, dua kali, bahkan ada yang belum menggunakan internet.
Saat itu pula, ketika kita tanya ke kawan kita, siapa yang pernah beli barang online? Dari 30 orang kemungkinan hanya 6 orang yang pernah belanja online atau seperlimanya saja (20%).
Bahkan dulu kami sempat menikmati program indihome gratis untuk RT di surabaya, bagi saya ini sangat membantu sekali.
Dari situlah saya mengenal lebih dalam tentang penggunaan internet, yang dulunya sangat awam tentang ini. Untuk menulis blog di tahun itu saya berpindah-pindah dari satu warnet ke warnet yang lain. Tergantung ada keperluan apa di sekitar lokasi. Bahkan tiap berkujung ke kediaman saudara, temen, kerabat yang saya cari adalah warnet (warung internet).
Pokokya bisa konek, bisa nulis blog, cek komen dan menghias blog. Terbukti sampai sekarang artikel di blog ini masi tersimpan sejak 2009. Kalau anda lihat sisi kanan blog ini. Perjalanan menulis blog saya dimulai dari tahun 2009 hingga sekarang.
Ini merupakan perjalanan panjang menggeluti dunia internet dan menulis blog, dan lagi-lagi ini soal "konsistensi". Sesuatu yang mitosnya sulit dijaga, dalam hal skill dan peluang. Sering membuat orang berpindah-pindah dan dianggap tidak fokus.
Diawal saya pakai indihome saya menggunakan kecepatan download dan upload yang cocok untuk seeorang Blogger di kalah itu. Telkom Indonesia terus berinovasi menyediakan layanan terbaik untuk masyarakat indonesia, termasuk kamu. !! :)
Setelah lulus kuliah Diploma Tahun 2015 saya juga sering mengikuti beberapa seminar bisnis di surabaya, salah satunya tempat yang kita kenal sebagai tempat edukasi bisnis yaitu plaza telkom ketintang surabaya. Saya dan kawan alumni kuliah, sering beerburuh seminar bisnis di Surabaya.
Sekarang internet sudah mencapai kecepatan yang luar biasa, makin kenceng lagi makin memudahkan pengguna internet, kebutuhan mendownload dan upload semakin mudah.
Perkembangan Internet saat ini
Internet Gelombang Pertama (1985-1999): From Zero to One
Internet Gelombang Kedua (2000-2015): Aplikasi dan Komersialisasi
Internet Gelombang Ketiga (2016-sekarang): Era Internet of Things
Sumber: https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/18/200000169/tahapan-perkembangan-internet
1.Bisa dibilang penyelamat dikala pandemi
Tahun lalu internet bisa dibilang sebagai penyelamat di masa Pandemi. Ketika semua orang di rumah, sampai muncul tagar Dirumah aja. Mereka masi bisa berakifitas dan brinteraksi dirumah menggunakan internet. Saya sendiri juga merasakan dampak yang besar adanya internet dikala pandemi.
Banyak forum forum edukasi yang saya ikuti, acara acara bisnis yang semuanya via meeting online menggunakan aplikasi Zoom dan sejenisnya.
Bahkan saya berkesempatan berbagi cerita di grub komunitas bisnis dsurabaya untuk berbagi tips bisnis dikala pandemi. Alhamdulillah peeserta sangat antusias meendeengarka materi dari saya.
Saya tidak habis pikir, banyangkan jika disaat itu internet belum seluas sekarang, pasti sangat hampa keseharian di kala pandemi.
Selain itu informasi yang berredar tidak sampai dengan cepat. Dengan adanya internet informasi soal virus,vaksin,event bisa tersebar dengan cepat . Membuat kita lebih berhati hati, lebih menjaga kesehatan dengan menambah imun, dan mengikuti event yang bermanfaat.
Untungnya transaksi online pada saat pandemi terbilang masi lancar, meskipun sempat terhambat karena beberapa daerah yang menerapkan lockdown sehingga mengakibatkan keterlambatan pengiriman. Tapi barang barang yang saya beli untuk menambah imun dan belajar, tidak ada yang terhambat. Masi teringat ketika itu saya belanja online meembeleli produk madu, habbatus sauda,sereal dll
Forum yang saya ikuti dikala pandemi lebih banyak dari forum yang saya ikuti diluar pandemi. Mulai dari event online bersama mentri, bersama komunitas bisnis, dan komunitas ilmuan
2.Lalu internet juga jadi trend bisnis baru yang hadir.
Mudahnya membuka bisnis online dan audience yang sudah terbiasa berbelanja online. Membuat setiap orang punya peluang besar untuk mendapat keuntungan dengan modal internet.Bahkan sempat menjadi trend bisnis tanpa stok barang, entah itu dropship, kemitraan atau paket member dari beberapa brand ternama tentu saja ini juga salah satu hikmah pandemi.Beberapa Perusahaan berlomba membantu masyarakat dengan membuka peluang pebisnis baru dengan tema
"Bisnis hanya dari rumah" . Dan dampak dari beberapa orang yang di PHK dari perusahaan ketika pandemi, kini mereka membuat bisnis baru dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.
Karena mereka sudah sadar, dampak dari Internet yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal utuk bisnis, mungkin hanya sebatas komunikasi dengan rekan kerja, keluarga, teman .
Kalau dipikir pikir ada lebih banyak orang terbantu dengan perkembangan internet,beberapa bulan lalu saya sempatkan sharing dan memberikan materi Digital Marketing kepada guru guru SMK Ketintang Surabaya
Para guru dan kewirausahaan ini sangat semangat sekali untuk mengikuti pelaihan keewirasuahaan yang saya adakan. Meereka sangat antusias dengan matri digital marketing yang saya bawakan beersama tim.
3.Internet merubah cara pandang orang terhadap profesi
Dulu profesi sebagai seorang Youtuber influencer, bukan tujuan anak anak di10 tahun yang lalu.Sekarang anak anak mulai melirik dan berlatih untuk meenjadi seorang influencer atau youtuber. Tentunya yang kita ulas adalah seorang yang meng influence orang lain untuk melakukan kebaikan. Dengan meemperkenalkan diri mereka ke publik melalui sosial media, biasanya para influence ini menampilkan aktivitas harian dan berbagi pengetahuan ke akun sosial media, lalu orang yang melihat sependapat dengan pengetahuan mereka dan ketika orang suka denga aktivitas harian mereka. Mereka diikuti orang orang tersebut yang sekarang leih trend disebut followers.
Ketika mereka sudah banyak diikuti oleh orang lain, mereka bisa membuat campaign atau mengajak orang membeli sesuatu atau mengikuti sesuatu. Nah darisinilah influencer itu menarik, yang sekarang mereka bisa mempromosikan sesuatu ke sosial media mereka
Kata Pengamat media sosial Enda Nasution menjelaskan, influencer adalah orang atau akun media sosial yang memiliki nama dan latar belakang jelas yang bertujuan menyebarkan informasi atau mendukung sesuatu isu atau orang.
Jadi kalau misalnya akun tersebut memiliki nama dan real orangnya, contohnya selebritis atau profesi lainnya yang punya follower besar dan punya sikap atau preferensi untuk mendukung sesuatu atau tidak mendukung sesuatu maka bisa disebut dengan influencer.
Dalam kategori influencer, mereka memiliki nama asli dan latar belakang yang jelas, misalnya orang-orang partai, politisi, orang bisnis, atau pengamat-pengamat politik, kita tidak bisa menyebut mereka sebagai buzzer, mereka adalah influencer yang punya preferensi dukung mendukung sesuatu isu atau orang
anak, yang tidak cukup waktu untuk ke kantor dan bekerja full time.
Wuik menarik aplikasinya, baru tahu mysooltan
BalasHapusSiapp silahkan di download mas den :)
HapusKeren juga posisi baru didunia digital markeeting
BalasHapusbenar, perkembangan dunia marketing
HapusMantabs smoga menang lombanya bro
BalasHapusSiap Aamiin mas :)
Hapus